Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Mobil Listrik Diharapkan Bisa Diproduksi

Kompas.com - 04/08/2012, 15:22 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan bahwa mobil listrik ditargetkan sudah bisa diproduksi tahun 2018.

"Bus listrik kemarin sudah ada prototipe risetnya. Nanti diharapkan bisa dikembangkan prototipe produksinya. Bisa dipercepat itu, sebelum tahun 2018 sudah bisa diproduksi," kata Gusti.

Gusti mengatakan bahwa dalam pengembangan teknologi listrik, Indonesia sudah cukup bagus namun masih perlu meningkatkan.

"Kalau soal motor, Indonesia sudah level 7. Kalau mobil listrik kita baru level 5. Ada 9 level," papar Gusti dalam konferensi pers Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Jumat (3/8/2012).

Menurut Gusti, ada lima teknologi kunci dalam pengembangan mobil listrik antara lain desain, propulsi, transmisi, baterai dan charging.

"Propulsi dan transmisi masih banyak impornya. baterai juga impor tapi internasional pun pengembangannya masih minim. Charging, kita 100 persen dalam negeri. Energi untuk charging ini kita sudah siap," jelas Gusti.

Soal pengembangan baterai, Gusti mengatakan, "Kita masih akan terus melakukan penelitian."

Dalam Karnaval Kreatifitas Iptek yang diadakan dalam rangkaian peringatan Hakteknas di Bandung, Bus Listrik hasil pengembangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan turut dipertunjukkan kebolehannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com